13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan

13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan - Hallo sahabat Muki Mukidi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Berita, Artikel Berita dini hari, Artikel Berita hangat, Artikel Berita harga, Artikel Berita hari ini, Artikel Berita islam, Artikel Berita jalanan, Artikel Berita kemarin, Artikel Berita malam ini, Artikel Berita politik, Artikel Berita terbaru, Artikel Berita war, Artikel ini Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan
link : 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan

Baca juga


13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan


AMBON - BERITA MALUKU.
Sebanyak 13.413 orang calon anggota Sidi baru Gereja Protestan Maluku (GPM) akan diteguhkan dalam proses peneguhan pada Minggu 24 pril 2024.


13.413 orang tersebut akan diteguhkan di 770 Jemaat GPM atau pada 34 Klasis yang ada di Maluku dan Maluku Utara, sebagai puncak dalam tujuh Minggu perayaan Minggu Sengsara Yesus Kristus. 


"Mereka telah menempuh Pendidikan katekhisasi di jemaat masing-masing dan menjalani proses pembinaan khusus dalam malam Pembenahan Diri di setiap jemaat, dengan harapan mereka telah matang dan dewasa dalam iman, memahami firman Tuhan, konteks ber-Gereja dan konteks sosial masyarakat secara baik, serta siap untuk mengambil keputusan hidup sebagai orang yang dewasa dalam iman," ujar Ketua Sinode GPM, Pdt. Elifas Tomix Maspaitella, Sabtu (23/03/2024).


Dikatakan, peneguhan Sidi merupakan rangkaian dari proses puncak Pendidikan Formal Gereja (PFG) di Gereja Protestan Maluku. Hal ini telah menjadi bagian dari ritual pokok gereja, selainBaptisan Kudus dan Sakramen Perjamuan Kudus. Peneguhansidi sendiri merupakan tanda kedewasaan iman, sebagai buahdari proses PFG yang ditempuh sejak anak berusia 0-15 tahunpada wadah Sekolah Minggu/Tunas Pekabaran Injil (SMTPI) dan dilanjutkan ke Katekhisasi, sebagai jenjang PFG lanjutan.


Wujud kedewasaan iman itu ditandai dengan pengakuaniman calon sidi gereja secara langsung di hadapan Tuhan dan jemaat-Nya di dalam ibadah/kebaktian Jemaat yang diadakankhusus untuk itu. Sebab itu peneguhan sidi merupakan suatuibadah Akta yang di dalamnya setiap calon sidi gerejamengaku iman secara pribadi, dan diteguhkan oleh pelayankhusus dalam hal ini Pendeta sebagai pelayan peneguhan itu.


Lebih lagi mereka akan menjadi tiang penopang imangereja, dan sumber daya umat yang siap melaksanakan semuabentuk pelayanan GPM sesuai Amanat Pelayanan Gereja, dengan tetap memberi diri memikul salib dan berjalan di jalan-jalan Yesus, yaitu jalan kasih, keadilan, kebenaran, perdamaian, dan memelihara keutuhan ciptaan Tuhan.


Elifas berharap calon sidi baru yang akan ditahbiskan akan mewarisi segala pengajaran iman gereja supaya mereka lebih siap menghadapi tantangan iman yang nyata, sambil terus berjuang melalui pendidikan masing-masing dan karena itu menjadi warga GPM yang bertanggungjawab, serta berkomitmen untuk melaksanakan misi damai sejahtera Allah di tengah dunia. 


"Dinamika dunia hari ini di tengah derasnya disrupsi teknologi memerlukan warga gereja yang kapabel dalam sisi IPTEKS tetapi juga berdiri kokoh di atas dasar iman dan spiritualitasKristen sebagai pedoman etika dalam berperilaku dan berjuang ke masa depan. Jadikan firman Allah sebagai tuntunan, dan doa serta ibadah harus menjadi pangkalan hidupuntuk pergi keluar dan memberitakan firman dengan tidak adarasa takut


10 Warga Binaan Lapas Kelas II Ambon Turut Diteguhkan


Dari antara 13.413 calon sidi baru di jemaat-jemaat GPM, terdapat 10 calon sidi yang rencananya akan diteguhkan di Lapas Kelas II Ambon, pada Minggu (24/03/2024). 


Mereka adalah warga binaan Lapas Kelas II Ambon yang menempuh Pendidikan katekhisasi khusus GPM di dalam Lapas dan dilayani oleh Majelis Jemaat GPM Negeri Lama.


Pdt. H. Liliefna, Ketua Majelis Jemaat GPM Negeri Lama, Sabtu (23/03/2024), menjelaskan bahwa ke-10 Warga Binaan itu telah menjalani proses katekhisasi di dalam Lapas. Sebab GPM memiliki MoU dengan Kementerian Hukum dan HAM RI dan dilaksanakan juga di semua Lapas dan Rutan. 


Karena itu pihaknya secara intensif melakukan proses pembelajaran katekhisasi di dalam lapas dengan materi khusus yang disusun sesuai dengan Kurikulum Katekhisasi di Lapas dan Rutan. 


Ke-10 calon sidi yang akan diteguhkan itu masing-masing Fallen Soselissa, Bendi Andri Nurlatu, Semuel Farjala, Yehezkiel Leiwakabessy, Adolof Surlialy, Jose Mancino, Alfa Hitijahubessy, Riyanto Rahakbauw, Aleksandro Siahaya dan Jefry Salamor.




Demikianlah Artikel 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan

Sekianlah artikel 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 13.413 Calon Sidi Baru GPM Akan Dithabiskan dengan alamat link http://mukimukidi.blogspot.com/2024/03/13413-calon-sidi-baru-gpm-akan.html